Tipe-tipe Kristal Swarovski & Kegunaanya

Tipe-tipe Kristal Swarovski & Kegunaanya

Wanita identik dengan perhiasan seperti kalung, gelang, cincin, anting, atau aksesoris lainya. Beragam pernak-pernik mereka pakai untuk mengekspresikan diri mereka. Terkadang sulit untuk menemukan perhiasan yang cocok dengan diri kita, entah terlalu imut, terlalu norak, terlalu besar, tidak cocok warnanya, tidak suka bentuknya, atau alasan-alasan lainya.

Pastinya pernah terpikir oleh kalian untuk membuat perhiasan atau aksesoris sendiri ? Tapi akhirnya menemukan kesulitan-kesulitan baik itu karena bahan yang dibutuhkan sulit ditemui, tidak punya peralatan yang dibutuhkan, atau alasan lainya. Akhirnya berpikir lebih mudah langsung membelinya ? Tapi akhirnya tidak menemukan yang cocok.


Kali ini kita akan membahas mengenai kristal swarovski. Kalian pasti pernah mendengar kristal swarovski ? Ya! Kristal dengan kilau dan kualitas terbaik dikelasnya !

Kristal swarovski hadir dalam berbagai tipe, bentuk, ukuran, dan warna. Mari kita lihat satu persatu. Let's check it out!


ROUND STONES


Swarovski Round Stones merupakan kristal swarovski dengan dasar runcing dengan cara penggunaan ditanam dengan bantuan lem. Kristal jenis ini banyak digunakan pada perhiasan, jam tangan, dan aksesoris lainya. Swarovski Round Stones terdapat 2 tipe yakni Foil dan Unfoil. Yang membedakanya adalah lapisan pada dasar kristal.
Untuk pemasangan kristal jenis ini, sebelumnya kita harus mempersiapkan media yang akan dipasang kristal.


















PENDANT

Swarovski Pendant adalah kristal yang biasa digunakan untuk liontin pada kalung. Pada umumnya Swarovski Pendant terdapat lubang kecil yang dapat  dipasang loop/tali untuk dijadikan kalung. Ukuran Swarovski Pendant beragam mulai dari 6 - 50 mm dengan beragam bentuk dan warna. Swarovski pendant ukuran kecil juga dapat digunakan sebagai anting, sehingga kalian dapat memiliki kalung dan anting dengan bentuk yang sama.

BEADS


Swarovski Beads adalah kristal dengan lubang pada bagian tengah yang menembus dari sisi ke sisi. Dapat digunakan untuk merangkai gelang, atau bentuk lainya dengan tehnik beading.

Contoh produk dengan Swarovski Beads




















FLATBACKS

Swarovski Flatbacks adalah kristal dengan dasar flat/datar (satu sisi) atau biasa disebut juga sebagai Rhinestones/Mote yang dapat dipasang pada bidang yang datar. Kristal jenis ini terdapat 2 jenis, yaitu dengan/ tanpa hotfix (lem). Hotfix sendiri adalah lem yang akan menempel saat dipanaskan baik dengan mesin press atau setrika.

Untuk Swarovski Flatbacks dengan hotfix (lem) anda bisa memasangnya dengan cara dipanaskan seperti berikut ini menggunakan alat bantu berupa "Rhinestones Setter".





















Untuk Swarovski Flatbacks tanpa hotfix (lem) anda harus menggunakan lem sendiri, disarankan menggunakan lem berwarna bening dan memiliki daya rekat yang kuat. Untuk cara pemakaian cukup di oles tipis-tipis secara merata dan pasang kristal di posisi yang diinginkan, dan biarkan mengering.

























PEARL

Swarovski Pearl adalah Swarovski yang menyerupai mutiara asli, dengan warna yang kontras dan kilau yang natural, anda dapat membuat kalung atau gelang dengan ukuran dan warna yang anda inginkan.

Contoh kalung dengan mutiara swarovski

SEW-ON

Swarovski Crystal Sew-On adalah kristal dengan cara penggunaan dijahit, dengan ciri tersedia lubang yang didesain khusus pada kristal untuk dijahit. Kristal jenis ini banyak digunakan pada dress ataupun gaun pengantin karena lebih tahan lama dibanding menggunakan tehnik tempel. Jadikan dress atau gaun-mu makin menawan dengan Swarovski Crystal Sew-on !

BUTTON

Swarovski Crystal Buttons adalah kristal swarovski dengan bentuk kancing, cara pemasanganya sama seperti crystal sew-on yaitu dengan cara dijahit. Penggunaanya bisa dipasang pada kemeja, dress, atau dimanapun sesuai keinginan anda.






















Apakah kalian tertarik untuk membuat perhiasan atau aksesoris dari bahan swarovski ?Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Kami tunggu kreasi-kreasi anda :) Sampai jumpa !