Mencoba jajanan tradisional khas Indonesia di Charisma

Mencoba jajanan tradisional khas Indonesia di Charisma

Kalau anda berkunjung ke Charisma, selain berbelanja berbagai macam kebutuhan fashion. Jangan lewatkan kesempatan mencicipi jajanan tradisional khas Indonesia di Charisma Cafe. Bagi anda yang bingung apa saja jajanan Nusantara yang dijual oleh Charisma Cafe, berikut beberapa daftar jajanan khas nusantara di Charisma Café yang mungkin menarik untuk anda coba.

1.  Wedang Uwuh

 

 

Wedang uwuh adalah minuman khas dari Yogyakarta dengan bahan-bahan alami yang berisi dedaunan dan bahan-bahan lainya. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah (Tapi bukan sampah beneran yah! Hehehehe ) Wedang Uwuh bisa disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Wedang Uwuh ini cocok dinikmati saat musim hujan. Rasa pedas dari racikan cengkeh, daun pala, kayu secang, kayu manis, gula batu serta jahe dari minuman tersebut mampu membuat tubuh kita menjadi hangat. Nah, didalam kemasan Wedang Uwuh ini terdapat berbagai rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat. Rempah-rempah yang terdapat dalam Wedang Uwuh adalah sbb:
 

 

Jahe

 

Jahe bersifat antikoagulan (anti penggumpalan darah) mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, serangan jantung dan juga mampu menurunkan kadar kolesterol dengan mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan hati.
 
Kayu Secang
Dikenal sebagai bahan ramuan untuk mengobati berbagai penyakit
 
Cengkeh,
Cengkeh (bunga cengkeh, batang cengkeh, dan daun cengkeh) memiliki khasiat mengatasi sakit gigi, sinusitis, mual dan muntah, kembung, masuk angin, sakit kepala, radang lambung, batuk, dan lain-lain.
 
Kayu manis dan daun kayu manis
Kayu manis dan daun kayu manis membuat memiliki sifat antioksidan yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidannya tinggi
 
Pala dan daun pala
Buah pala dan daun pala dengan keharuman semerbak ini ternyata mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Kandungan kimia flavonoid, saponin dan polifenol dapat mengatasi batuk berlendir, membantu pencernaan, rematik dll.
 
Akar sereh dan daun sereh
Akar sereh sejak lama digunakan sebagai peluruh air seni, peluruh keringat, peluruh dahak/obat batuk, bahan untuk kumur, dan penghangat badan
 
Kapulaga
Dari kandungan kapulaga memiliki khasiat sebagai obat batuk dan untuk mencegah keropos tulang.
 
Gula batu
Gula batu memberikan rasa manis yang khas tanpa menghilangkan aroma dan citarasa asli bahan-bahan ramuan wedang uwuh.
 
Minuman yang satu ini selain menghangatkan tubuh, juga mempunyai khasiat meredakan batuk dan meningkatkan daya tahan tubuh. Saat ini Wedang Uwu digemari oleh banyak orang. Selain karena khasiatnya, banyak orang yang penasaran dengan rasa dari minuman tradisiobal ini. Ada yang tahu apa itu Wedang Uwuh? Sudah pernah mencoba minuman yang satu ini ?
Cobain sekarang!
 
 

2.  Keripik Salak dan Kue Blinjo

Keripik Salak
Salak merupakan buah khas Indonesia yang terkenal karena bentuknya yang unik dan manis. Namun belakangan ini buah salak banyak diolah untuk dijadikan jajanan/cemilan. Salah satunya adalah Keripik Salak. Bagi yang belum tau apa sih itu keripik salak? Keripik Salak adalah keripik yang terbuat dari buah salak segar. Meskipun keripik salak ini telah kering dan tidak terasa seperti buah salaknya. Namun jika kita memakannya, rasa salak masih sangat terasa dimulut. Makanan ini cocok dimakan saat santai atau ngumpul bersama keluarga maupun teman.
 
Kue Blinjo
Pernah dengar Kue Blinjo? Kue yang terbuat dari bahan baku kacang Blinjo ini memiliki rasa yang manis dan aroma yang khas. Kue blinjo banyak dicari untuk oleh-oleh para Wisatawan karena rasanya yang unik. Nah wisatawan aja suka, apalagi kalian? kalian bisa dapatkan kue blinjo ini di Charisma Cafe.

3.  Nasi Tiwul Instant

Tiwul, atau thiwul adalah makanan pokok pengganti nasi beras yang dibuat dari ketela pohon atau singkong.Penduduk Wonosobo, Gunungkidul, Wonogiri, Pacitan dan Blitar dikenal mengonsumsi jenis makanan ini sehari-hari. Charisma Cafe menjual produk Tiwul Instant yang rasanya tidak jauh beda dengan aslinya dalam segi aroma, rasa dan tekstur. Untuk mencoba nasi tiwul ini, anda tidak perlu repot-repot membuatnya. Cukup dimasak dengan rice cooker, nasi tiwul instant dapat anda nikmati dengan mudah dan nikmat.
 
 

4.   Biscuit Almond

Siapa yang tak kenal dengan Almond Chrispy? Oleh-oleh khas Surabaya yang sedang menjadi primadona. Para pecinta kuliner yang singgah di Surabaya rela berburu kue kering renyah dan gurih ini. Bentuk nya yang bundar dan tipis dengan taburan kacang  Almond tipis dan serutan keju diatasnya ini pastinya renyah banget. Kini Biskuit Almond tersedia di Charisma Cafe.
 
 

5.  Kue Mente

Kue mente adalah kue kering khas Surabaya dengan terbuat dari kacang mente, kue ini berbentuk bulat, agak pipih dan memiliki tekstu agak kasar yang menjadi ciri khas dari Kue Mente. Bentuknya menyerupai nastar, namun tidak ada isinya. Rasanya yang manis dan gurih ini menjadikan Kue Mente menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang wajib dibeli
 
 

6.  Keripik Basreng

Basreng merupakan cemilan Tradisional yang beberapa waktu ini naik daun. Basreng sendiri merupakan kependekan dari Baso Goreng. Makanan ini renyah dan gurih dilidah membuat siapa saja ketagihan untuk memakannya.

 

 

7.  Ampyang Jahe

Ampyang Jahe adalah cemilan tradisional khas jawa dengan bahan utama kacang tanah,  gula merah/ gula areng dan jahe. Tekstur dari kacang tanah yang kering, dan rasa manis dari gula merah membuat cemilan yang satu ini terasa enak dan renyah. Cemilan yang satu ini sudah sulit didapatkan, namun anda bisa menemukan Ampyang Jahe ini di Charisma Cafe. Jangan sampai kehabisan yah!
 
Nah, demikian beberapa daftar jajanan Tradisional yang dapat kalian temukan di Charisma Cafe.  Semoga informasi ini dapat membantu anda untuk mengurangi rasa penasaran terhadap jajanan Nusantara. Apabila anda tertarik untuk mencoba, silahkan kunjungi Charisma Cafe